Sebetulnya sudah lama Google menelurkan produk Google Apps untuk domain. Mungkin sekitar tahun 2005/2006, saya kurang tahu pastinya. Awal tahun 2007 ketika saya pertama kali membaca aplikasi google untuk perusahaan ini, saya kurang begitu tertarik. Saat itu saya tidak mereview lebih dalam keunggulan dan kekurangan mengaplikasikan GoogleApps utk kantor saya. Baru setelah saya membaca sebuah blog (lagi-lagi, saya tidak mencatat nama blognya) saya tertarik untuk mendalami GoogleApps untuk domain ini. Salah satu artikel yang membuat saya tertarik ke GoogleApps adalah layanan email google (gmail) dengan nama domain perusahaan kita, dan free!! Google memang luar biasa.

Dari wikipedia Google Apps is a service from Google for using custom domain names with several Google products.

Kebetulan juga kantor saya lagi ada masalah dengan perusahaan webhosting, sehingga tawaran menggunakan GoogleApss sangat menggiurkan saya.

Kantor kami memiliki nama domain yang saya daftarkan di PANDI (waktu itu masih beralamat di http://register.web.id – milik Departemen Informasi dan Komunikasi), saya register tahun 2006 dan mendapat jatah free biaya selama 1 tahun. Tapi karena PANDI hanya menyediakan jasa domain name hosting saja, sebagai DNS hosting-nya saya menggunakan server yang berbeda. DNS hosting saya daftarkan di afraid.org (http://freedns.afraid.org), hem….tebak, free juga kan.

Nha berbekal sedikit kemampuan mengelola nama domain dan dns, saya menuju GoogleApps. Saya register untuk kantor saya, Lihardo Computing Solution. Alhamdulillah Google menerima pendaftaran saya, kemudian meminta saya melakukan sedikit perubahan di Control Panel DNS server saya. Proses perubahan konfigurasi DNS bagi saya tidak terlalu merepotkan – kalo tidak bisa dibilang mudah – karena Google telah memberikan preferensinya dan tutorialnya secara lengkap.

Walhasil setelah melakukan perubahan DNS konfig, akhirnya saya kembali memiliki nama domain yang aktif. Email kantor saya beralamat di http://mail.lihardo.web.id walaupun menggunakan domain Lihardo.web.id, tetapi mesin email yang digunakan tetaplah GMAIL. Google sangat berbaik hati ke saya, karena untuk fasilitas email ini, saya mendapat quota 100 account user , dan masing-masing mendapat space lebih dari 4000 MB !! Google memang luar biasa.

GoogleApps juga menyediakan “startpage” semacam homepage, sehingga setiap user –dalam hal ini staff kantor kami – bisa langsung mengunjungi info terbaru di startpage tersebut, termasuk mengakses document dan calendar yang juga merupakan salah satu servis dari GoogleApps ini.

Dan tidak ketinggalan, Google juga menyediakan website hosting untuk Lihardo di alamat http://www.lihardo.web.id dengan quota 100MB, dan disediakan template-template menarik.

Kesimpulan : Google memang luar biasa.