Pada tanggal 21 Juli 2007, Telkom Jepara mengadakan seminar menandai diluncurkannya produk Speedy di kota ini. Seminar bertajuk “Pemanfaatan Internet Untuk Pengembangan Dunia Usaha, Sekolah, dan Pemerintahan” ini dihadiri oleh ratusan peserta. Berbagai kalangan diundang menghadiri, mulai dari pelaku usaha mebel, birokrat/pemda, pihak sekolah, dan bahkan warnet. Rupanya pihak Telkom ingin menyuarakan bahwa Speedy sudah Up dan siap online di Jepara. Beberapa bulan yang lalu, sebenarnya IM2 Indosat juga menggelar acara yang sama, mengundang beberapa pihak dan mengumumkan bahwa bandwidth IM2 Indosat segera turun dan digelar di Jepara, namun sayang eventnya kurang terkelola dengan baik, sehingga tidak menimbulkan gaung yang berpengaruh.
Kembali ke peluncuran speedy. Walaupun seminar diselenggarakan sebagai momentum diluncurkannya produk speedy, tetapi dalam event tersebut sama sekali tidak ada pembicaraan mengenai produk speedy. Saya yang termasuk kecewa dengan tidak adanya pembicaraan mengenai Internet Speedy ini. Sebagai produk baru, banyak dari peserta sebetulnya menginginkan informasi speedy langsung dari pihak telkom. Bagaimana speedy bekerja, peralatan yang dibutuhkan, keuntungan/kelemahan speedy, dan nomor PSTN mana saja yang sudah disupport.
Kantor kami selama ini menggunakan jasa Astinet, masih produk telkom juga. Dengan turunnya speedy, kami berencana beralih ke speedy, pertimbangan utamanya adalah budget. Melalui Astinet, kami harus rela merogoh kocek sekitar 10 jt-an, untuk bisa internetan, sedangkan speedy di Jepara menawarkan 750 – 2 jutaan perbulan.
Namun dengan berbagai pertimbangan, diantaranya adalah mail server dan VPN yang kami kelola sendiri, rencana migrasi ke Speedy belum akan kami lakukan dalam bulan-bulan ini. Kabarnya, info yang saya terima di seminar (walaupun bukan info dari TELKOM), speedy belum mengijinkan akses VPN, juga pelanggan speedy tidak akan mendapatkan IP publik fix. Sayang sekali pihak telkom tidak mengklarifikasi hal ini, karena memang tidak ada acara tanya jawab mengenai produk speedy. Well, kami hanya menerka.
SEmoga speedy di Jepara tidak mengecewakan pemakainya.